Monday, July 1, 2013

SS-25 Sickle ICBM

Topol-M 

TOPOL RS 12M dengan julukan NATO SS-25 Sickle merupakan rudal balistik antar benua. Pembangunan rudal disetujui pada tahun 1977.ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari rudal balistik jarak menengah Pioneer RSD-10 ( SS-20 Sable ),uji coba dilakukan antara tahun 1983 dan 1987.Topol memasuki layanan Soviet Strategic Rocket Forces pada tahun 1988 dan ini merupakan rudal balistik Mobile pertama Soviet yang pada saat ini ada dalam pelayanan dengan Russia.Ada 360 rudal ini telah dibuat hingga 1996.Pada 2012 Russian Strategic Rocket Forces memiliki 120 rudal Topol operasional aktif.



Rudal ini memiliki tiga tahap yang menggunakan bahan bakar padat.Fitur ini memungkinkan untuk Ma-mount rudal pada kendaraan TEL.meskipun dalam hal perawatan dan pengoperasiannya lebih mahal,jika dibandingkan dengan rudal Silo –based dan membutuhkan banyak personil.Rudal balistik Topol memiliki jangkauan 11.000 km dan mempunyai bobot hulu ledak sekitar 1000 kg,memiliki hulu ledak tunggal dengan kapasitas 550 kiloton dan rudal memiliki CEP dari 300-900 meter.


Rudal balistik Mobile ( bergerak ) antar benua ini lebih sulit di deteksi dan dilumpuhkan.ia memiliki probabilitas tinggi untuk bertahan dari serangan awal setelah negara itu telah diserang dalam keadaan darurat Topol dapat meluncur meninggalkan pangkalan intuk beroperasi di kawasan terpencil yang sulit diketahui keberadaannya sebagai peningkatan survivabilitasnya itu.

Dalam penggelarannya dilapangan platform peluncur rudal balistik ini dikawal oleh beberapa kendaraan dukungan,kendaraan pengontrol,kendaraan sinyal dan tanker bahan bakar.serta sejumlah kendaraan militer lainnya dengan pasukan lengkap untuk menjamin keamanan rudal namun juga dalam situasi darurat kendaraan TEL dapat beroperasi secara mandiri tanpa pengawal.

Topol TEL disandarkan pada stasis berat MAZ-7917 14X12 dengan mobilitas tinggi.sasis ini dirancang khusus untuk rudal antarbenua.desain ini mirip dengan MAZ 547 yang digunakan sebagai TEL PADA RUDAL Pioneer RSD-10.Kendaraan ini memiliki tingkat mobilitas lintas medan.MAZ-7917 didukung dengan mesin Diesel yang mngkonsumsi 200 liter bahan bakar per 100 km jalan.Jika di kalkulasikan dengan berat muatannya kendaraan ini sangat irit bahan bakar mengingat beratnya yang mencapai 105 ton.


 
 Untuk kendaraan dukungan,kendaraan pengontrol dan kendaraan sigma disandarkan pada stasis MAZ-543 dengan mobilitas tinggi yang dikonfigurasi dengan 8x8.Sebuah tanker bahan bakar didasarkan pada stasis MAZ-7917 dengan konfigurasi 14x12 yang membawa tani bahan bakar yang sangat besar ditempat rudal balistik.

Kendaraan dukungan mendukung operasi otonom TEL selama lebih dari 72 jam.Kendaraan ini membawa 2.390 liter bahan bakar yang dapat mengisi bahan bakar TEL balistik.dan ia juga dapat menghasilkan listrik untuk keperluan operasi.selain itu juga kendaraan ini membawa persediaan makanan dan digunakan sebagai dapur umum oleh para kru.Kendaraan dukungan juga dilengkapi dengan senapan mesin untuk pertahanan diri.

Topol dirancang untuk masa kerja 20 tahun,sejumlah rudal Topol secara bertahap akan memasuki waktu pensiunnya pada 2020 sebagai penggantinya yaitu Topol M dengan peningkatan rudal dan stasis terbaru.

TEL. Ini menghasilkan listrik untuk kendaraan peluncur juga. Hal ini juga membawa persediaan makanan dan digunakan sebagai dapur umum. Dukungan kendaraan telah tidur



SPESIFIKASI,

Masuk layanan : 1988

Kru : 3 Orang

Berat : Lebih dari 105 ton


Panjang rudal : 23 m

Diameter Rudal : 1,8 m

Berat rudal : 45 ton

Hululedak : 1 ton

Tipe Hululedak : Nuklir 550 kiloton

Jarak tembak : 11.000 km

CEP : 300-900 m

Spesifikasi pembawa:
Mesin : Diesel

Kecepatan maksimum : 50 km/jam

Jarak tempuh : 500 km




No comments:

Post a Comment